Cintai Jantungmu, Dengan Kenali Anatominya dan Resiko Penyakitnya

Jakarta – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang vital. Fungsinya yang berguna untuk memompa darah di dalam tubuh, sangat diperlukan agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan normal. Meski begitu, tidak banyak orang yang tahu tentang anatomi jantung dan berbagai fungsinya untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih lengkap, baca ulasan berikut ini!

Penjelasan Tentang Anatomi Jantung Beserta Fungsinya

Sebagai pusat dari sistem peredaran darah, jantung bertanggung jawab untuk memompa darah dan mendistribusikan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Maka dari itu, jantung dianggap sebagai salah satu organ tubuh yang paling penting. Saat masalah sekecil apa pun terjadi pada jantung, ada banyak perubahan atau masalah yang dapat timbul pada tubuh secara keseluruhan.

6 Penyakit Jantung yang umum terjadi 
1. Gangguan Aritmia
2. Penyakit Aorta
3. Penyakit Jantung Bawaan
4. Penyakit Arteri Koroner
5. Serangan Jantung
6. Gagal Jantung

 

Jantung adalah kumpulan otot yang mekanisme kerjanya terdiri dari beberapa bagian yang bekerja bersama. Organ ini terbagi menjadi beberapa ruang yang menerima dan mendistribusikan darah untuk mengatur kadar oksigen. Ruang-ruang ini disertai dengan vena dan arteri yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Jika semua bekerja dengan normal, jantung bisa memompa darah dengan mudah.

Jantung terdiri dari empat ruang yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Atrium

Dua ruang yang disebut atrium terletak di bagian atas jantung, dengan atrium kiri berguna untuk menerima darah yang kaya oksigen, dan atrium kanan berguna untuk menerima darah yang bebas oksigen. Ada satu katup yang memisahkan ruang ini, disebut juga dengan katup atrioventrikuler, terdiri dari katup trikuspid di sebelah kiri dan katup mitral di sebelah kanan.

  • Ventrikel

Untuk ventrikel, bagian ini adalah ruang yang ditemukan di bagian bawah jantung. Tugasnya untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh organ di tubuh, bahkan hingga sel-sel terkecil. Bagian kiri dan kanan pada ventrikel juga terpisah oleh katup yang disebut juga dengan katup semilunar, terdiri dari katup pulmonal dan aorta.

 

Selain itu, jantung juga memiliki dinding yang tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan luar epikardium (lapisan tipis), lapisan tengah miokardium (lapisan tebal), dan lapisan paling dalam endokardium. Miokardium merupakan lapisan yang tebal karena terdiri dari serat otot pada jantung.

Struktur jantung dibuat lebih kompleks karena mekanismenya yang memungkinkan darah didistribusikan ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Untuk memfasilitasi proses berkelanjutan ini, ada dua Pembuluh darah yang bekerja, yaitu vena dan arteri. Pembuluh darah yang membawa darah minim oksigen kembali ke jantung disebut vena, sedangkan arteri membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Berfungsi di ventrikel bagian kiri, arteri terbesar pada jantung disebut aorta. Bagian ini dianggap sebagai arteri utama dalam tubuh. Setelah itu, terbagi menjadi dua arteri yang lebih kecil yang disebut dengan arteri iliaka umum.

Jika semua berfungsi dengan normal, jantung dapat terus-menerus menyuplai oksigen dalam jumlah yang cukup ke seluruh bagian tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar asupan oksigen pada tubuh tercukupi, sehingga aktivitas dapat dilakukan secara normal.

Kenali Ciri-ciri Penyakit Jantung yang diabaikan :

Penyakit jantung lebih berisiko pada orang berusia di atas 60 tahun, kelebihan berat badan, atau mengidap penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, atau hipertensi.

Menurut juru bicara American Heart Association melalui laman WebMD, Vincent Bufalino, MD., semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, semakin harus waspada tentang apa pun yang berhubungan dengan jantung.

Berikut ini gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang sering diabaikan:

1.Rasa Tidak Nyaman di Dada

Pada kasus arteri yang tersumbat atau serangan jantung, gejala yang mungkin dirasakan adalah nyeri, sesak, atau rasa tertekan di dada. Namun, gejala yang dialami setiap orang bisa berbeda. Waspada jika mengalami rasa tidak nyaman di dada yang berlangsung lebih lama dari beberapa menit.

2.Nyeri yang Menjalar ke Lengan

Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah nyeri pada dada yang menjalar lengan kiri. Waspada dan segera periksakan diri jika mengalami gejala nyeri dada yang terasa menjalar ke sisi kiri tubuh.

3.Pusing dan Lemas Tiba-Tiba

Ada banyak hal yang bisa membuat kamu kehilangan keseimbangan atau merasa lemas sejenak. Mungkin kamu tidak cukup makan atau minum, atau berdiri terlalu cepat. Namun, jika kamu tiba-tiba merasa tidak stabil dan juga mengalami ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, segera hubungi dokter.

4.Sakit Tenggorokan atau Rahang

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa sakit tenggorokan menjadi salah satu ciri-ciri penyakit jantung. Kondisi ini memang bisa jadi gejala penyakit lain. Namun, jika kamu mengalami nyeri dada yang menjalar hingga tenggorokan atau rahang, itu bisa jadi gejala serangan jantung.

5.Mudah Lelah

Jika kamu tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan dari mobil, segera buat janji dengan dokter.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, dapat menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

6.Berkeringat Dingin

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas dapat menandakan serangan jantung. Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lainnya, segera cari bantuan medis.

 

7.Pembengkakan Kaki dan Pergelangan Kaki

Kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa jantung tidak bisa memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan pada area tubuh yang jauh dari jantung, seperti kaki dan pergelangan kaki. 

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki.

8.Detak Jantung Tidak Teratur

Normal jika jantung berdetak kencang saat gugup atau bersemangat. Namun, jika kamu merasa jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi tanpa alasan yang jelas, segera hubungi dokter.

Apabila para migran mengalami gejala-gejala diatas, segera gunakan aplikasi kami Doctor Migrant, untuk Konsultasi dengan Doctor Doctor berkompeten dari negara asalmu.
Ayo buruan download Doctor Migrant..


 

Referensi :

 

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. 5 Overlooked Symptoms That May Signal Heart Trouble.

Medical News Today. Diakses pada 2021. The heart: All you need to know.

News Medical Life Sciences. Diakses pada 2021. Structure and Function of the Heart.

Web MD. Diakses pada 2021. Cardiovascular Diseases.

WebMD. Diakses pada 2021. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.